*Refresh (tarik ke bawah pada browser chrome) jika ada item (gambar, ikon) yang tidak ditampilkan dengan baik.

Sila dibaca dan diapresiasi
Donatur bulan Mei 2020: Anonim berdonasi sebesar Rp50.000 untuk "Pembalasan Mie Ayam dari Neraka". Anonim berdonasi sebesar Rp50.0000 untuk "Prahara Berdarah di Prapatan jengkol" .

FAQ


  1. Apa itu Bacawaca?

    Bacawaca adalah sebuah "lapak baca-baca" atau "taman bacaan" yang berisi bacaan-bacaan digital dari para penulis, komikus, ilustrator, jurnalis, motivator, dan sebagainya. Produknya antara lain adalah: Novel, komik, buku non-fiksi, artikel, komik strip, audio book, infografis, tips-tips berfaedah, tutorial, dan sebagainya. 

  2. Mengapa harus mencoba Bacawaca?

    Berbeda dengan platform jual-beli pada umumnya, di Bacawaca semua transaksinya menerapkan cara dengan berdonasi. Donasi mempunyai nilai yang lebih fleksibel. Jadi para penggemar mempunyai kebebasan untuk memberikan nilai yang pantas sebagai apresiasi pada karya yang disenangi.

    Model donasi di Bacawaca saat ini berlaku 2 jenis yakni:

    Baca - Donasi. Baca/ nikmati karyanya terlebih dahulu setelah itu beri apresiasi dengan donasi seikhlasnya. Nilainya terserah sang penggemar. Mau serebu, dua rebu, sejuta, gimana penggemar menilai aja. Biasanya model seperti ini diperuntukkan untuk produk-produk "ringan". Seperti artikel, tips berfaeda, cerpen, komik strip, audio book berdurasi singkat, infografis, dan sebagainya.

    Donasi - Baca. Ada nilai minimal yang diperlukan untuk bisa membaca produk yang diinginkan. Tentunya sangat yoi sekali jika dilebihkan. Biasanya model seperti ini diperuntukkan untuk produk-produk rada "tebal". Seperti novel, audiobook yang berdurasi panjang dan bab yang banyak, komik panjang, dan sebagainya.

    Dengan berdonasi para penggemar akan langsung dapat mengapresiasi karya dari kreator yang disenangi. Sehingga para kreatornya akan tetap bersemangat dan termotivasi untuk tetap terus membuat karya yang bagus. Sukur-sukur minimal bisa buat beli indomi atau bahkan bayar tagihan listrik atau/dan internet sebagai salah satu modal penunjang berkarya yang cukup vital. Sing penting bisa bahagia, gan.

    Satu lagi, semua transaksi donasi yang dilakukan langsung dengan kreatornya sendiri. Jadi duitnya enggak liwat yang punya platform. Saat penggemar memberikan donasi, saat itu juga si kreator menerima donasi.

    Terus, yang punya platform dapat apa kalau semua transaksi langsung dengan para kreatornya? 

    Sans, seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu bahwa semua transaksi di sini menerapkan cara dengan berdonasi. Tentunya yang punya platform juga akan mendapatkan apresiasi juga dari donasi. Dari mana saja? Pertama, dari para kreator konten dengan perjanjian yang sudah disepakati. Kedua, si kami juga ngerilis karya di lapak ini, koq. Sama seperti yang lain, si kami juga akan sering bikin konten-konten saik jika dapat apresiasi bagus berupa donasi. Ketiga, kita punya semacam "kotak amal" di tautan pada menu bertuliskan donasi. Yang terakhir ini buat kepentingan pemeliharaan situs, macam bayar domain, bayar paket internet buat upload konten yang gede-gede ukurannya, beli stok gambar, nge-convert-in file-file pdf yang masuk, bayar iklan promo, dsb.

    Terus, penggemarnya dapat apa aja, gan?

    Sudah pasti dapet karya-karya yang mantap, gan. Konten yang ditampilkan adalah hasil kurasi dari si kami. Namun selain dapat karya-karya saik, biasanya suka ada bonus dari produk yang didapat. Misal soundtrack, poster, komik mini, dan sebagainya. Kadang juga bakal ada kejutan. Apa aja kejutannya? Ya, kejutan. Hhe.


  3. Kalau mau ikutan jadi kontributor, gimana caranya? 

    Saat ini masih digoreng mekanismenya. Tunggu saja update berikutnya, ya. 

Ikuti si Kami